Admin
20-11-2024
PELAYANAN BPJS DI PUSKESMAS GAJAHAN BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, yakni lembaga khusus yang bertugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi masyarakat, PNS, serta pegawai swasta. Program ini mulai diselenggarakan pada tahun 2014 melalui dasar hukum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Puskesmas Gajahan telah lama menjalin kerjasama dengan BPJS. Puskesmas Gajahan sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) BPJS, bertekad untuk memenuhi komitmen perjanjian kerjasama yang telah dibuat. Pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dilaksanakan seoptimal mungkin sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Pemenuhan sumber daya manusia kesehatan, sarana dan prasarana penunjang medis maupun non medis, inovasi pelayanan, updating pengetahuan, service excellent, dan lain lain, dilaksanakan terus menerus , agar masyarakat luas semakin puas dengan pelayanan di Puskesmas Gajahan. ANTRIAN ONLINE FASKES DENGAN M-JKN Di Era Digitalisasi pelayanan kesehatan, salah satu fitur layanan yang dapat di akses untuk mempermudah pelayanan di Puskesmas diantaranya adalah antrian Online dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yaitu aplikasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Indonesia. Aplikasi ini telah diciptakan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan mereka, di mana pun dan kapan pun, hanya dengan menggunakan koneksi internet. Adapun langkah- langkah untuk mengakses antrian Online sebagai berikut SKRINING RIWAYAT KESEHATAN Selain antrian Online Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kini diwajibkan untuk melakukan skrining kesehatan. Skrining BPJS Kesehatan ini dilakukan untuk mendeteksi risiko penyakit dan mencegah dampak lanjutan dari penyakit tertentu. Skrining adalah suatu proses pemeriksaan atau penilaian kesehatan secara rutin untuk mendeteksi risiko penyakit tertentu. Dalam konteks BPJS Kesehatan, skrining bertujuan untuk mengidentifikasi risiko penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung koroner, dan gagal ginjal. Skrining BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Mobile JKN dan website resmi BPJS Kesehatan dengan cara men-scan barcode dibawah ini KEGIATAN PROLANIS Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan bagi penderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal . 1. Penyuluhan 2. Pemeriksaan 3. Senam 4. Pengobatan
Program ini bertujuan untuk mendorong penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Penyakit kronis yang dimaksud adalah diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi.
Prolanis ini merupakan kelanjutan dari skrining kesehatan. Jika hasil skrining riwayat kesehatan mengindikasikan peserta memiliki faktor resiko diabetes melitus tipe 2 atau hipertensi, peserta dapat turut serta dalam Prolanis. Yang meliputi :